Jumat, 07 Februari 2014

Jadwal Menulis di Harian Borneo Tribune

Salam.

Mengasah kemampuan menulis, anggota Club Menulis STAIN Pontianak berkomitmen untuk menulis di harian Borneo Tribune. Anggota telah memilih hari penerbitkan karya. Jadi, setiap minggunya anggota yang bersedia untuk ikut proyek ini mesti mengirim tulisannya sebelum hari penerbitan yang mereka pilih.

Tema essai juga ditentukan oleh penulis. Anggota Club Menulis belajar untuk menjadi penulis yang intens dan memiliki identitas. Pada hari rencana proyek menulis di Borneo Tribune ini dilakukan, penulis telah memilih tema-tema yang akan mereka tulis. Jadi setiap minggunya mereka akan menulis dengan tema yang sama, pengalaman sehar-hari yang telah dipilih dan menjadi inspirasi.

Ada yang mengambil tema tentang kehidupan masyarakat di Pontianak berdasarkan etnis. Membahas kehidupan masyarakat Madura,  Jawa, Melayu, bahkan ada juga Padang di Pontianak. Kami membayangkan jika suatu saat ada orang yang mencari informasi berkenaan kehidupan orang Madura, Jawa, melayu, Padang, dan lainya mereka akan mencari tulisan yang ditulis oleh anggota Club Menulis. Kami juga membayangkan bahwa penulis yang lahir di Club Menulis dapat menjadi penulis memiliki identitas.

Selain tentang kehidupan masyarakat di Pontianak ada pula yang membahas tentang geliat kepenulisan di Pontianak. Komunitas menulis, proses pembuatan karya, membudayakan kegiatan menulis dan membaca menjadi tema dalam tulisanya.

Proses belajar mengajar di kampus, di TPA, di tempat mengaji pun menjadi tema pilihan anggota. Dari tulisan ini akan terlihat perbedaan proses pembelajaran dan pendidikan di suatu lembaga formal, informal, atau pun non formal.

Pengetahuan Tradisional juga menjadi pilihan yang tentunya menarik. Anggota Club Menulis juga memilih tema berhubungan dengan hal tersebut, seperti; permainan tradisional, obat-obatan, cara berladang, upacara, dan topik-topik lain yang baru atau mengingatkan kita pada masa-masa bertemu dengan kegiatan tersebut.

 Jadwal menulis pun dibuat. Kami menempel jadwal tersebut di pintu utama ruangan. Ini bukan untuk menunjukkan bahwa kami mau mengirim karya, tetapi lebih ingin bertanggung jawab. Kami juga belajar soal komitmen tersebut. Nama kami telah dipasang dalam jawal. Orang-orang sudah membacanya.


Dan, ini jadwal menulis di harian Borneo Tribune



NO
HARI
PENULIS
1
SENIN
SUKARDI, NINDA, SUPIYEH, YUYUN
2
SELASA
ROHANA, SUMA, HELDA, HOLI
3
RABU
SUSAN, DEPLO, YANTO, SITI SOLEHA
4
KAMIS
SULASTRI, AMIN, NORMIAH, ARNILA
5
JUMAT
PUTRI, NURHASANAH, KHUSNUL, FITRI
6
SABTU
SITI, MUSLIMIN, LUTFI, DHILA
7
MINGGU
ULID, PUTRIANA, DODI, NURSILAN, UMI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar