Rabu, 07 Maret 2012

Maret, Club Menulis STAIN Pontianak Launching Buku



Club Menulis Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pontianak akan melaunching sejumlah buku pada bulan Maret mendatang.
Menurut Ketua Panitia Launching Farninda Aditya mengatakan launching akan dilaksanakan di kampus STAIN Pontianak pada 22 Maret 2012. Pilihan launching bulan Maret untuk menyesuaikan dengan kegiatan akademik mahasiswa.
Mengenai berapa buku yang akan dilaunching, masih belum dipastikan. Tetapi Farninda memastikan jumlah buku kali ini lebih banyak dari launching akhir tahun 2011.
“Setidaknya dalam launching ini ada belasan buku”.
Launching kali ini lebih istimewa karena beberapa buku adalah karya sendiri anggota Club. Buku anggota club yang ditulis sendiri antara lain kumpulan puisi berjudul “Tuhan Baru” ditulis oleh Mahadaya Senja. Kumpulan puisi berjudul “Puisi di Bawah Nol” ditulis oleh Umi Rahayu. Kumpulan cerpen berjudul “Izinkan Aku Menjadi Surgamu” ditulis oleh Mahmud Alfikri. Kumpulan essay berjudul “Otakku Cenat Cenut” ditulis oleh Farninda Aditya. Kumpulan essay berjudul “Polling in Lope” ditulis oleh Marsita Riandini.
Buku yang ditulis bersama antara lain kumpulan puisi, kumpulan cerpen Islami, cerpen ibu, cerpen latar belakang kampung, novel bersama, dan kisah perjalanan.
Selain buku karya anggota Club Menulis itu, ada juga buku bukan anggota club yang diluncurkan kali ini.
“Pak Ibrahim, akan melaunching dua buku. Selain itu, mahasiswa Pascasarjana STAIN juga ada beberapa buku dan teman-teman dari Balai Bahasa Pontianak satu buku,” ungkap Farninda.
Buku Pak Ibrahim adalah kumpulan catatan lapangan sejumlah dosen STAIN Pontianak yang melakukan penelitian singkat di Parit Wak Gattak, Pal IX. Buku lain adalah Pantang Larang dalam Masyarakat Melayu di Nanga Jajang, Kapuas Hulu. Buku ini merupakan buku hasil penelitiannya bersama rekannya di Malay Corner.
Buku mahasiswa pasca sarjana adalah buku berisi kumpulan essay mereka ketika mengikuti kuliah Isu-isu Strategis Pendidikan Islam di PPS STAIN Pontianak. Jumlah buku yang sudah siap ada lima buku yang masing-masing diedit oleh Eltin Yunaidar, Yan Basri, Sri Wahyuni, Sri Rahayu, dan Ria Sukma Dewi.
Launching kali ini adalah launching keempat kalinya dilakukan Club Menulis STAIN Pontianak. Pada awal Januari tahun ini (2012) Club Menulis melaunching buku Tionghoa di Kalimantan Barat, Catatan Lapangan dari Sungai Kakap. Pada bulan Oktober 2011 Club Menulis melaunching 13 buku. Sedangkan pada tahun 2010 Club Menulis melaunching 6 buku.  (rilis).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar